media sosial dan ruang lingkupnya : mencakup karakteristik medsos, jeni medsos,peranan medsos, dan dampak medsos.

 Skip to content

Seputar Pengetahuan

 MENU


 

√ Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis & Dampaknya


 

Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis & Dampaknya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang media sosial. Yang meliputi pengertian, karakteristik, fungsi, jenis-jenis dan dampak dari media sosial dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini.


Mgid

Mgid


HERBEAUTY

You'll Want To Get Married Twice Or Even More Just To Put Them On

LEARN MORE→

Daftar Isi [sembunyikan]



 

Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis & Dampaknya

Pengertian Media Sosial

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

1. Sam Decker

2. Marjorie Clayman

3. Philip Kotler dan Kevin Keller (2012:258)

4. Henderi, Muhammad Yusup, dan Yuliana Isma Graba (2007:3)

5. Lisa Buyer

6. Andreas Kaplan dan Michael Haenlien

7. Antony Mayfield (2008)

8. Mark Hopkins (2008)

Karakteristik Media Sosial

Fungsi Media Sosial

Jenis-Jenis Media Sosial

Dampak Media Sosial

Dampak Positif Media Sosial

Dampak Negatif Media Sosial

Share this:

Related posts:

Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis & Dampaknya

Mari kita bahas pengertian media sosial terlebih dahulu dengan seksama.



 

Pengertian Media Sosial

Secara umum media sosial merupakan suatu media daring dengan para pemakainya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, yang membuat yang mencakup blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Namun ada pendapat lain dari beberapa para ahli tentang apa itu media sosial.


Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

Berikut kata para ahli tentang apa itu media sosial yang bisa kita simak berdasarkan hasil riset dan pengalamannya.



 

1. Sam Decker

Pengertian media sosial menurut Sam Decker adalah konten digital dan interaksi yang dibuat oleh dan antar satu sama lain.


KONTEN PROMOSI

Mgid

Mgid


6 Strong Female TV Characters Who Deserve To Have A Spinoff

Herbeauty


Nutritional Strategies To Ease Anxiety

Herbeauty


Costume That Makes Actresses Beneath Practically Unrecognizable

Herbeauty

2. Marjorie Clayman

Pengertian media sosial menurut Marjorie Clayman adalah alat pemasaran baru yang memungkinkan untuk mengetahui pelanggan dan calon pelanggan dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin.


3. Philip Kotler dan Kevin Keller (2012:258)

Pengertian media sosial menurut Philip Kotler dan Kevin Keller adalah sarana bagi konsumen untuk berbagai informasi teks, gambar, video dan audio dengan satu sama lain dan dengan perusahaan dan sebaliknya.



 

4. Henderi, Muhammad Yusup, dan Yuliana Isma Graba (2007:3)

Pengertian media sosial menurut Henderi, Muhammad Yusup, dan Yuliana Isma Graba adalah situs jaringan sosial misalnya layanan berbasis web yang memungkinkan bagi setiap individu untuk membangun profil publik ataupun semi publik dalam sistem terbatasi, daftar pengguna lain dengan siapa mereka terhubung, dan melihat dan menjelajahi daftar koneksi mereka yang dibuat oleh orang lain dengan suatu sistem.



 

5. Lisa Buyer

Pengertian media sosial menurut Lisa Buyer adalah bentuk hubungan masyarakat yang paling transparan, menarik dan interaktif saat ini.


6. Andreas Kaplan dan Michael Haenlien

Pengertian media sosial menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlien adalah sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user generated content.


7. Antony Mayfield (2008)

Pengertian media sosial menurut Antony Mayfield adalah media yang penggunanya mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan peran, khususnya blog, jejaring sosial, wiki/ensiklopedia online, forum-forum maya, termasuk virtual worlds (dengan avatar/karakter 3D).


8. Mark Hopkins (2008)

Pengertian media sosial menurut Mark Hopkins adalah istilah yang tidak hanya mencakup berbagai platform media baru tetapi juga menyiratkan dimasukkannya sistem seperti FriendFeed, Facebook, dan lain-lain yang pada umumnya dianggap sebagai jejaring sosial. Idenya adalah bahwa berbagai platform media yang memiliki komponene sosial dan sebagai media komunikasi publik.



 

Karakteristik Media Sosial

Karakteristik dari media sosial adalah sebagai berikut:


Partisipasi

Media sosial merupakan sebagai pendorong adanya kontribusi dan umpan balik dari setiap orang yang tertarik atau memiliki minat memakainya, sampai bisa mengaburkan batas antara media dan audience.

Keterbukaan

Banyak media sosial yang terbuka untuk umpan balik dan juga partisipasi melalui suatu voting, berbagi dan juga komentar. Kadang-kadang batasan untuk mengakses dan menggunakan isi pesan (perlindungan password pada isi cenderung dianggap aneh)

Perbincangan

Media sosial sangat mungkin membuat adanya perbincangan ataupun pemakaian secara dua arah.

Keterhubungan

Banyak media sosial berkembang pesat karena mempunyai suatu kemampuan yang bisa melayani keterhubungan antar pemakainya, melalui suatu fasilitas tautan (links) ke website, sumber informasi dan bagi pemakai lainnnya.

Fungsi Media Sosial

Terdapat beberapa fungsi dari media sosial, antara lain:



 

Untuk meluaskan interaksi sosial manusia dengan memakai internet dan teknologi web

Melakukan transformasi praktik komunikasi satu arah media siaran dari satu institusi media ke banyak audience (one to many) ke dalam praktik komunikasi dialogis antara banyak audience (many to many)

Sebagai dukungan demokratisasi pengetahuan dan juga informasi

Melakukan transformasi manusia dari pemakai isi pesan menjadi pesan itu sendiri.

Puntoadi (2011:5) mengemukakan, pemakaian media sosial mempunyai fungsi antara lain:


Membangun personal branding lewat sosial media merupakan tidak mengenal trik atau popularitas semu, karena audience yang akan menentukan. Berbagai sosial media menjadi media untuk orang yang melakukan komunikasi, berdiskusi, dan juga memberikan suatu popularitas di media sosial.

Memberikan suatu kesempatan yang fungsinya interaksi lebih dekat dengan konsumen. Media sosial menawarkan content komunikasi yang lebih individual. Melalui media sosial juga berbagai kalangan pemasar bisa mengetahui kebiasaasn dari konsumen mereka dan melakukan suatu interaksi secara personal dan juga bisa membangun suatu ketertarikan yang lebih dalam.

Jenis-Jenis Media Sosial

Kotler dan Keller mengemukakan terdapat tiga platform utama dalam media sosial, yakni:


Online Communities And Forums

Ada berbagai bentuk dan ukuran komunitas online dan forum, yang mana banyak dibuat oleh pelanggan atau kelompok pelanggan tanpa ada bunga komersial ataupun afiliasi perusahaan. Beberapa komunitas online dan forum ini didukung oleh perusahaan yang anggotanya berkomunikasi dengan perusahaan dan satu sama lain dengan lewan posting, instant, messaging, dan juga chatting yang berdiskusi tentang minat khusus yang dapat berkaitan dengan produk perusahaan dan merek.

Blogs

Ada sekitar 3 juta pemakai blog dan mereka sangat bervariasi, sebagian dalam bentuk blog priadi untuk teman-teman dekat dan keluarga, dan juga yang lainnya dibuat untuk menjangkau dan mempengaruhi khalayak luas.

Social Networks

Jaringan sosial sudah menjadi kekuatan yang utama baik pada bisnis konsumen dan juga pemasaran bisnis ke bisnis. Salah satunya adalah facebook, messanger, twitter dan lain-lain. Jaringan yang berbeda itu menawarkan manfaat yang berbeda untuk perusahaan.

Sedangkan menurut Puntoadi (2011:34), terdapat beberapa jenis atau macam media sosial, antara lain yakni:



 

Bookmarking

Bookmarking menawarkan peluang untuk menshare link dan tagh yang menjadi minat. Hal itu memiliki tujuan supaya setiap orang dapat menikmati yang kita sukai.

Contenc Sharing

Melalui situs content sharing tersebut orang membuat berbagai media dan publikasi untuk berbagi kepada orang lain. Youtube dan Flickr adalah situs content sharing yang serinkali dikunjungi oleh banyak orang.

Wiki

Sebagai situs yang mempunyai beragam karakteristik yang berbeda seperti situs knowledge sharing, wikitravel yang mempunyai fokus terhadap informasi tempat, dan konsep komunitas lebih eksklusif.

Flickr

Situs milik Yahoo ini adalah situs khusus dalam berbagi image sharing dengan kontributor yang ahli pada masing bidang fotografi diseluruh dunia. Flickr membuat photo catalog yang masing-masing produk dapat dipasarkan.

Social Network

Kegiatan yang memakai fitur yang disediakan oleh situs tertentu menjadil suatu hubungan, interaksi dengan sesama. Situs sosial networking itu antara lain Linkedin, facebook dan My Space.

Creating Opinion

Media sosial ini menawarkan sarana untuk berbagi pendapat dengan orang lain di seluruh dunia. Melalui creating opinion, seluruh orang dapat menjadi penulis, jurnasil dan juga komentator.

Kaplan dan Haenlien juga mengemukakan jenis-jenis media sosial antara lain:


Konten

Pengguna situs ini memberikan klik pada setiap konten saham konten media, seperti gambar, video, ebook dan lain sebagainya.

Proyek Kolaborasi

Situs ini memungkinkan pemakai dapat mengubah, menambah, maupun menghapus suatu konten sedikit yang tersedia di website. Seperti Wikipedia

Blog dan Microblog

Pemakai bebas dalam mengekspresikan suatu hal seperti ventilasi atau mengkritik kebijakan pemerintah. Contohnya adalah Twitter.

Virtual Game World

Virtual adalah dunia yang membuat pemakainya merasa hidup maya, seperti dunia game yang virtual berinteraksi dengan orang lain. Tetapi dunia virual sosial lebih luas dan lebih mengarah pada kehidupan seperti second life.

Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis-Jenis, Dampak

Dampak Media Sosial

Suatu media sosial pasti mempunyai suatu dampak baik secara positif ataupun negatif. Berikut adalah dampak dampak dari sosial media:


Dampak Positif Media Sosial

Dampak secara positif dari media sosial adalah:



 

Silaturahim menjadi lebih erat

Memberikan ruang untuk berpesan positif. Sosial media sudah banyak dipakai oleh para tokoh agama, motivator, dan juga ulama.

Hubungan pertemanan menjadi lebih akrab

Informasi yang tepat dan akurat selalu tersedia

Wawasan dan pengetahuan menjadi bertambah

Dampak Negatif Media Sosial

Dampak secara negatif dari media sosial adalah:


Penipuan

Pornografi

Prostitusi

Media untuk menyebarkan ideologi yang sangat efektif dan efisien

Anak dan remaja menjadi malas belajar untuk berkomunikasi pada dunia nyata.

Situs jejaring sosial menjadi tempat untuk orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan.

Remaja dan anak, mudah mengeluarkan bahasa apapun pada media sosial.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis & Dampaknya semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.


KONTEN PROMOSI

Mgid

Mgid


10 Female Celebs Women Love But Men Find Unattractive

Herbeauty


8 Simple Steps To Catch Your Crush's Eye On Instagram

Herbeauty


15 Beauty Secrets Only Indian Women Know

Herbeauty


8 Yoga Poses To Overcome Stress And Anxiety

Herbeauty


What Is It That Actually Makes French Women So Admirable?

Herbeauty


6 Strong Female TV Characters Who Deserve To Have A Spinoff

Herbeauty

Share this:

FacebookTweetWhatsApp

Related posts:

Pengertian ROM (Read Only Memory), Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Bentuk Terlengkap

Pengertian ROM (Read Only Memory)


Jenis Jenis Drone, Istilah, Bagian, Prinsip Dasar Dan Gerakannya

Jenis Jenis Drone, Istilah, Bagian, Prinsip Dasar Dan Gerakannya



 

Standar Deviasi : Pengertian, Fungsi, Rumus, Cara Menghitung Dan Contoh Soalnya

Standar Deviasi : Pengertian, Fungsi, Rumus, Cara Menghitung Dan Contoh Soalnya


Posted in Komputer, Sistem InformasiTagged contoh media sosial, fungsi media sosial, jenis jenis media sosial, karakteristik media sosial, pengertian media sosial, pengertian media sosial dan jenisnya, pengertian media sosial menurut buku, pengertian media sosial menurut kbbi, pengertian media sosial pdf, sejarah media sosial, tujuan media sosial.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komoditas satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain) yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat

Membuat laporan tugas dengan paket Microsoft Excel

Pengembangan Artefak komputasional (produk TIK) dalam pengelolaan blogger, dan sosial media (WA, IG, Twitter, Fb, dll)