Langsung ke konten utama

Membuat laporan tugas dengan paket Microsoft Power Point

 


Tugas dasar untuk membuat presentasi PowerPoint

presentasiPowerPoint berfungsi seperti peragaan slide. Untuk menyampaikan pesan atau cerita, Anda membaginya menjadi slide. Pikirkan setiap slide sebagai kanvas kosong untuk gambar dan kata-kata yang membantu Anda menceritakan kisah Anda.

Memilih tema

Saat Anda membuka PowerPoint, Anda akan melihat beberapa tema dan templat bawaan. Tema adalah desain slide yang berisi warna, font, dan efek khusus yang sesuai, seperti bayangan, pantulan, dan masih banyak lagi.

  1. Pada tab file di pita, pilih baru, lalu pilih tema.

    PowerPoint memperlihatkan pratinjau tema, dengan empat variasi warna untuk dipilih di sisi kanan.

  2. Klik Buat, atau ambil ragam warna, lalu klik Buat.

    Memperlihatkan Buat Presentasi Baru dari dialog Tema di PowerPoint

Baca selengkapnya: menggunakan atau membuat tema di PowerPoint

Menyisipkan slide baru

  • Di tab Beranda, klik bagian bawah Slide Baru, lalu pilih satu tata letak slide.

    Memperlihatkan tombol Slide Baru pada tab Beranda dari pita di PowerPoint

Baca selengkapnya: Menambah, menata ulang, dan menghapus slide.

Menyimpan presentasi Anda

  1. Pada tab File, pilih Simpan.

  2. Pilih atau cari ke folder.

  3. Dalam kotak Nama file, ketikkan nama presentasi Anda, kemudian pilih Simpan.

Catatan: Jika Anda sering menyimpan file pada folder tertentu, Anda bisa ‘menyematkan’ path tersebut sehingga selalu tersedia (sebagaimana diperlihatkan di bawah).

Menyimpan presentasi PowerPoint Anda

Tips: Simpan pekerjaan selagi Anda bekerja. Tekan Ctrl + S sering.

Baca selengkapnya: menyimpan file presentasi Anda

Menambahkan teks

Klik tempat penampung teks, dan mulailah mengetik.

Memperlihatkan menambahkan teks ke bidang teks di PowerPoint

Memformat teks Anda

  1. Pilih teks.

  2. Di bawah Alat Menggambar, pilih Format.

    Perlihatkan tab Alat Gambar di pita dalam PowerPoint

  3. Lakukan salah satu hal berikut ini:

    • Untuk mengubah warna teks Anda, pilih Isian Teks, lalu pilih sebuah warna.

    • Untuk mengubah warna kerangka bentuk teks Anda, pilih Kerangka Teks, lalu pilih sebuah warna.

    • Untuk menerapkan bayangan, pantulan, cahaya, kemiringan, rotasi 3D, transformasi, pilih Efek Teks, lalu pilih efek yang Anda inginkan.

Baca selengkapnya:

Menambahkan gambar

Pada tab Sisipkan, lakukan salah satu hal berikut ini:

  • Untuk menyisipkan gambar yang disimpan di drive lokal Anda atau di server internal, klik Gambar, telusuri gambar, lalu pilih Sisipkan.

  • Untuk menyisipkan gambar dari web, pilih gambar online, dan gunakan kotak pencarian untuk menemukan gambar.

    Dialog Sisipkan Gambar di PowerPoint

    Pilih gambar, kemudian klik Sisipkan.

Menambahkan bentuk

Anda dapat menambahkan bentuk untuk mengilustrasikan slide Anda. 

  1. Pada tab sisipkan , pilih bentuk, lalu pilih bentuk dari menu yang muncul.

  2. Di area slide, klik dan seret untuk menggambar bentuk.

  3. Pilih tab format atau format bentuk pada pita. Buka galeri gaya bentuk untuk menambahkan warna dan gaya dengan cepat (termasuk bayangan) ke bentuk yang dipilih.

    Grup gaya bentuk

Menambahkan catatan pembicara

Slide akan sangat baik jika Anda tidak menjejalkan terlalu banyak informasi. Anda bisa menambahkan fakta dan catatan dalam catatan pembicara, dan jadikan rujukan Anda saat menjalankan presentasi.

  1. Untuk membuka panel catatan, pada bagian bawah jendela, klik Catatan tombol catatan di PowerPoint .

  2. Klik di dalam panel Catatan di bawah slide tersebut, dan ketikkan catatan Anda.

    Memperlihatkan panel Catatan pembicara di PowerPoint

Baca selengkapnya:

Menyampaikan presentasi Anda

Pada tab Peragaan Slide, lakukan salah satu hal berikut ini:

Keluar dari tampilan Peragaan Slide

Untuk keluar dari tampilan Peragaan Slide kapan saja, pada keyboard, tekan Esc.

Tips untuk membuat presentasi yang efektif

Pertimbangkan tips berikut ini untuk membuat audiens tetap tertarik.

Meminimalkan jumlah slide

Untuk mempertahankan pesan yang jelas dan membuat audiens tetap penuh perhatian dan tertarik, Pertahankan jumlah slide dalam presentasi Anda seminimal mungkin.

Pilih ukuran font audiens-friendly

Audiens harus dapat membaca slide Anda dari kejauhan. Secara umum, ukuran font yang lebih kecil dari 30 mungkin terlalu sulit bagi audiens untuk melihat.

Membuat teks slide Anda tetap sederhana

Anda ingin audiens mendengarkan Anda menyajikan informasi Anda, daripada membaca layar. Gunakan poin atau kalimat singkat, dan coba Pertahankan setiap item ke satu baris.

Beberapa proyektor memangkas slide di tepi, sehingga mungkin ada beberapa kalimat panjang yang dipotong.

Menggunakan visual untuk membantu mengekspresikan pesan Anda

Gambar, bagan, grafik, dan grafik SmartArt menyediakan isyarat visual untuk diingat oleh audiens. Tambahkan seni yang bermakna untuk melengkapi teks dan pesan di slide Anda.

Namun, seperti teks, Hindari menyertakan terlalu banyak bantuan visual pada slide Anda.

Membuat label untuk bagan dan grafik dapat dipahami

Gunakan teks yang cukup untuk membuat elemen label dalam bagan atau grafik dipahami.

Menerapkan latar belakang slide yang halus dan konsisten

Pilih templat yang menarik, konsisten, atau tema yang tidak terlalu menarik perhatian. Anda tidak ingin latar belakang atau desain untuk mengalihkan pesan Anda.

Namun, Anda juga ingin menyediakan kontras antara warna latar belakang dan warna teks. Tema bawaan diPowerPoint mengatur kontras antara latar belakang yang terang dengan teks berwarna gelap atau latar belakang gelap dengan teks berwarna terang.

Untuk informasi selengkapnya tentang cara menggunakan tema, lihat menerapkan tema untuk menambahkan warna dan gaya ke presentasi Anda.

Memeriksa ejaan dan tata bahasa

Untuk mendapatkan dan mempertahankan rasa hormat dari audiens Anda, selalu Periksa ejaan dan tata bahasa dalam presentasi Anda.

Atas Halaman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komoditas satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain) yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat

Membuat laporan tugas dengan paket Microsoft Excel

Pengembangan Artefak komputasional (produk TIK) dalam pengelolaan blogger, dan sosial media (WA, IG, Twitter, Fb, dll)