Pengembangan Artefak komputasional (produk TIK) dalam pengelolaan blogger, dan sosial media (WA, IG, Twitter, Fb, dll)

 Cara Mempromosikan Blog untuk meningkatkan pengunjung

Mempromosikan blog dapat dilakukan di berbagai platform online, dari media sosial, forum online, hingga grup komunitas di Facebook. Berikut 10 cara mengunjungi blog agar banyak pengunjung:


1. Pastikan Konten Anda Berkualitas

Sebelum membagikan konten di berbagai platform online, Anda perlu memastikan kualitas konten terlebih dahulu. Kualitas yang dimaksud di sini adalah kualitas baik secara teknis maupun isi konten.


Pertama, konten harus berkualitas secara teknis. Kualitas teknis konten ini meliputi penulisan judul, pembagian paragraf, penggunaan subjudul, ketepatan kunci, penempatan tautan, sampai optimasi gambar.


Meskipun terlihat rumit, Anda harus memastikan kualitas teknis konten Anda untuk menjaga konsistensi semua konten di blog. Selain itu, konten yang terstruktur secara rapi akan lebih mudah dibaca dan dipahami. Pembaca akan mudah menemukan poin-poin penting dalam konten yang terstruktur rapi.


Kedua, konten juga harus bagus kualitasnya. Kualitas isi konten ini meliputi alur cerita, gaya bahasa, kelengkapan konten, sampai solutif atau tidaknya konten. Kualitas isi konten Anda dinilai bagus jika bisa menjawab pertanyaan pembaca.

Walaupun Anda sudah membuat konten yang terstruktur rapi, konten tersebut tidak akan berarti jika tidak bisa menjawab pertanyaan pengunjung. Ketika orang mengetikkan sebuah kata kunci di mesin pencari Google, yang ingin mereka dapatkan adalah jawaban yang jelas untuk memecahkan masalah mereka.


Jadi sebelum mempromosikan blog, pastikan terlebih dahulu kualitas konten Anda. Apakah konten tersebut sudah terstruktur rapi? Apakah konten tersebut mampu menjawab pertanyaan pembaca? Jika belum memenuhi dua kriteria di atas, cara promosi blog apa pun yang dilakukan tidak akan menghasilkan efek berarti. Jika sudah memenuhi dua kriteria tersebut, Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.


2. Promosikan Blog di Forum Online

Forum online merupakan salah satu platform yang perlu Anda gunakan untuk mempromosikan blog. Platform forum online biasanya menyediakan forum terpisah untuk topik tertentu sehingga Anda dapat mempromosikan blog ke calon pembaca yang spesifik.




Berbicara soal forum online tentu tidak bisa lepas dari Kaskus, forum online tertua dan terbesar di Indonesia. Di Kaskus , Anda bisa menemukan forum online dengan topik bermacam-macam, dari teknologi, otomotif, olahraga, kecantikan, wisata, hingga kuliner.  


3. Aktif di Grup Facebook

Berbagi konten di linimasa saja belum cukup. Anda juga perlu mendekati calon pembaca di lingkup yang lebih kecil lagi, yaitu grup Facebook. Cara mempromosikan blog di Facebook cukup mudah. Hampir sama dengan forum online, grup Facebook memungkinkan Anda untuk menjangkau calon pembaca sesuai dengan minatnya.


Ketik kata kunci yang berkaitan dengan topik blog Anda di kolom pencarian Facebook dan pilih filter Group . Facebook akan menampilkan hasil pencarian grup yang berkaitan dengan kata kunci yang Anda ketik. Misalnya, saya mencari grup dengan kata kunci “travel” dan berikut hasilnya:




Ketika bergabung di salah satu grup Facebook, Anda harus mengikuti peraturan yang ditetapkan admin. Ada admin yang tidak mengizinkan anggotanya untuk menjual di grup atau anggota harus memposting dengan format tertentu. ikuti ikuti peraturan admin agar Anda tidak ditendang keluar dari grup Facebook.


4. Bagikan Konten di Instagram Stories

Pengguna Instagram Indonesia adalah yang keempat terbanyak di dunia. Per November 2018, jumlah pengguna Instagram Indonesia mencapai 60 juta pengguna yang paling banyak berasal dari kalangan usia 18 hingga 34 tahun.


Fakta di atas tentu membuat Anda tidak bisa mengunjungi media sosial satu ini. Instagram menjadi ladang promosi bagi siapa saja, termasuk Anda, pemilik blog. Salah satu fitur menarik dari Instagram adalah Instagram Stories.


Kini algoritma feed Instagram sudah berubah mengikuti apa yang sering dilihat dan disukai pengguna. sering kali postingan Instagram Anda terlewatkan oleh follow Anda. Anda bisa mengatasi masalah ini menggunakan Instagram Stories.


Untuk melihat Instagram Stories, pengguna akan mengklik satu Instagram Stories dan secara otomatis akan berpindah dari Stories ke Stories lainnya. Dengan begitu, meskipun pengguna tidak mengklik cerita Anda, cerita Anda tetap memiliki kemungkinan untuk dilihat oleh pengguna.


Jika akun Instagram Anda memiliki lebih dari 10 ribu pengikut, Anda dapat meletakkan tautan di Instagram Stories dan pengguna dapat langsung menggesek untuk membuka tautan tersebut. Jika follower Anda belum mencapai 10 ribu, Anda bisa meletakkan tautan di bio Instagram Anda.


5. Tinggalkan Komentar di Blog Orang Lain

Meskipun terlihat sepele, meninggalkan komentar di blog orang lain bisa menjadi cara blog yang efektif untuk Anda. Dengan meninggalkan komentar di blog orang lain, Anda bisa trafik dengan dua cara.




Pertama, Anda bisa menjalin hubungan baik dengan pemilik blog tersebut. Jika pemilik blog menganggap konten Anda layak untuk dibaca banyak orang, ia tidak akan ragu untuk mempromosikan blog Anda di blog dan media sosialnya.


Kedua, ketika meninggalkan komentar di blog orang lain, Anda juga bisa berkreasi dengan orang lain di kolom komentar. Dengan begitu Anda tidak hanya menjalin hubungan baik dengan pemilik blog tersebut, tetapi juga blogger-blogger lain.


Agar Anda dapat merasakan efeknya, tentu Anda perlu meninggalkan komentar di blog-blog yang sudah terkenal dan trafiknya tinggi. Dengan begitu komentar Anda akan dibaca lebih banyak orang.

6. Promosikan Blog di SlideShare

SlideShare adalah platform berbagi slide presentasi secara online. Platform ini sudah berdiri sejak 2006 dan diakuisisi oleh LinkedIn pada 2012. Platform ini memang kalah populer jika dibandingkan dengan Facebook atau Instagram.


Meski begitu, SlideShare merupakan salah satu platform yang bisa efektif untuk trafik blog Anda. Seorang blogger bernama Ana Hoffman pernah melakukan percobaan dengan menerbitkan sembilan slide presentasi di SlideShare yang berisi konten blognya.


Dari sembilan slide presentasi tersebut ia berhasil mendapatkan 243 ribu tampilan di SlideShare dan 1.400 klik ke blognya dalam waktu kurang dari 30 hari. Ana Hoffman juga mengungkapkan, SlideShare menjadi sumber trafik terbesar kedua untuk blognya.


Anda tidak perlu membuat konten baru untuk SlideShare. Anda cukup mengubah format konten-konten di blog Anda menjadi slide presentasi dan menerbitkannya di SlideShare. Cukup mudah bukan?


7. Pin Konten Blog di Pinterest

Cara promosi blog lainnya yang sering diabaikan blogger adalah Pinterest. Pinterest adalah platform online dengan jumlah pengguna 250 juta yang memungkinkan penggunanya untuk mencari dan menyimpan ide dari berbagai macam topik secara online.


Jumlah pengguna Pinterest memang tidak sebanyak Instagram atau Facebook yang sudah mencapai 1 milyar pengguna. Namun, platform ini tetap layak untuk Anda gunakan sebagai sarana promosi blok. 

Pinterest membantu pembaca Anda untuk menyimpan artikel Anda untuk dibaca di lain waktu. Platform ini juga menyediakan papan khusus untuk artikel-artikel yang disimpan pengguna, yaitu Pin Now, Read Later . Bahkan media online besar NY Times pun memanfaatkan Pinterest seperti gambar di atas.


Seorang blogger, Mandy Wallace, telah membuktikan efektivitas Pinterest untuk meningkatkan trafik blognya. Mandy berhasil trafik sebanyak 1.000 pengunjung per hari menggunakan Pinterest.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komoditas satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain) yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat

Membuat laporan tugas dengan paket Microsoft Excel